Please Select Your Language Below

English French Russian Dutch Portuguese German Spain Italian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
loading

Remaja dan Media Massa?

Preview Media Massa
Peran media massa sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak usia remaja. Bahkan, di era globalisasi ini, tak sedikit remaja yang menjadikan tren di media massa sebagai reverensi pola hidup mereka. Tak dapat dipungkiri, berbagai tayangan berupa film atau berita tentang narkoba pun terserap cepat di otak mereka.

Melihat tahun lalu, 2010, berita-berita yang mengabarkan para publik figur pecandu narkoba tersebar luas dan pesat. Bagaimana bisa seorang publik figur yang dielu-elukan namanya oleh berbagai kalangan malah berlaku tak pantas yang membuat para penggemarnya mengikuti mereka? Bukankah pengaruh mereka sebagai publik figur begitu kuat terhadap perkembangan remaja?

Tahun 2011 pun tak beda jauh, baru berjalan setengahnya sudah ada deretan nama artis Yoyo (drumer Padi band), Andika (vokalis Kangen band), Izzi (keyboardis Kangen band), dan sejumlah nama lainnya.

Sangat disayangkan, jika berbagai siaran yang mengabarkan keadaan terkini ataupun infotainment hanya menayangkan mereka-mereka, publik figur yang mencoreng nama sendiri dan keluarganya, tanpa menyosialisasikan berbagai dampak buruk narkoba. Ada harapan-harapan bahwa para stasiun televisi dapat menayangkan semua hal tentang narkoba yang tidak hanya sebagai hiburan tapi juga wawasan bagi masyarakat. Ummbb.... Paling tidak setahun sekali, di hari anti narkoba.

Harapan ini didasari dengan fakta bahwa televisi dan media lainnya telah merambah sampai ke pelosok negeri. Mengapa kita tak mencoba untuk bersosialisasi buruknya narkoba lewat mereka? Tentu saja dengan kemasan yang menyenangkan.

Jika seperti itu, kita tak hanya dikecewakan oleh figur kita karena berlama-lama dan terus-terusan menyaksikan tayangan semacam itu. Toh, kasihan bukan mereka, jika harus selalu dicemooh orang? 
Peran media sangat berpengaruh terhadapa perkembangan remaja. Dan seharusnya, media bisa memberikan konsumsi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat khususnya remaja.

Tidak ada komentar:

 
Founding Fathers Keran Indonesia | Badan Narkotika Kabupaten Kendal
Add Me On Your Facebook Berlangganan Gratis Artikel Keran Indonesia?